10 Mukjizat Nabi Muhammad SAW Yang Menakjubkan

5 Fenomena Alam dalam Al Quran yang Terbukti Kebenarannya Secara Ilmiah



✅ 5 Fenomena Alam dalam Al Quran Terbukti yang Secara Ilmiah Kebenarannya 

Al Quran sudah turun kurang lebih 1.000 tahun yang lalu. Namun, didalamnya dijelaskan mengenai fenomena di angkasa padahal pada masa tersebut ilmu pengetahuan belum berkembang begitu pesat.

Berikut 5 fenomena angkasa yang dijelaskan dalam  Al Quran.

1. Peredaran bulan membuat bentuknya berubah-ubah secara teratur sehingga digunakan untuk penentuan waktu
Allah berfirman, yang artinya

۞ Sura al-Baqarah, ayah 189
mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang bulan sabit. katakanlah, “itu adalah (penunjuk) waktu bagi manusia dan (ibadah) haji.”...
di ayat yang lain yaitu :

۞ Sura Yunus, ayah 5
dialah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya, dan dialah yang menetapkan tempat-tempat orbitnya, agar kamu mengetahui bilangan tahun, dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan demikian itu melainkan dengan benar. dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahui.

2. Konstelasi atau rasi bintang dapat digunakan untuk menentukan arah. contohnya rasi bintang ursa major untuk menentukan arah utara
Allah berfirman, yang artinya

 
5 Fenomena Alam dalam Al Quran yang Terbukti Kebenarannya Secara Ilmiah
Nouman Younas Unsplash

۞ Sura al-An'am, ayah 97
dan Dialah yang menjadikan bintang-bintang bagimu, agar kamu menjadikannya petunjuk dalam kegelapan di darat dan di laut. Kami telah menjelaskan tanda-tanda (kekuasaan kami) kepada orang-orang yang mengetahui.

3. Gravitasi matahari membuat bumi dan planet lain tidak saling bertabrakan dan jatuh
Allah berfirman, yang artinya

۞ Sura fatir, ayah 41
sungguh, Allah yang menahan langit dan bumi agar tidak lenyap; dan jika keduanya akan lenyap tidak ada seorang pun yang mampu menahannya selain Allah. Sungguh, Dia Maha Penyantun, Maha Pengampun.
di ayat yang lain yaitu

۞ Sura ar-Ra'd, ayah 2
Allah yang meninggikan langit tanpa tiang (sebagaimana) yang kamu lihat, kemudian dia bersemayam di atas ‘Arsy. dia menundukkan matahari dan bulan; masing-masing beredar menurut waktu yang telah ditentukan. Dia di mengatur urusan (makhluk-Nya), dan menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya), agar kamu yakin akan pertemuan dengan Tuhanmu.

4. Ilmu astronomi sepakat bahwa asal mula bintang termasuk matahari dan bumi dahulunya merupakan 'gumpalan asap' yang tertutup rapat dan tidak tembus pandang
Allah berfirman, yang artinya

۞ Sura Fussilat, ayah 11
kemudian Dia menuju ke langit dan (langit) itu masih berupa asap, lalu Dia berfirman kepadanya dan kepada bumi, “datanglah kamu berdua menurut perintah-Ku dengan patuh atau terpaksa.” keduanya menjawab, “kami datang dengan patuh.”

 
5 Fenomena Alam dalam Al Quran yang Terbukti Kebenarannya Secara Ilmiah
Alexander Andrews Unsplash

5. Al Quran sudah menjelaskan teori big bang terlebih dahulu mengenai awal mula bagaimana alam ini diciptakanAllah berfirman, yang artinya

۞ Sura al-Anbiya', ayat 30
dan apakah orang-orang kafir tidak mengetahui bahwa langit dan bumi keduanya dahulunya menyatu, kemudian kami pisahkan antara keduanya; dan kami jadikan segala sesuatu yang hidup berasal dari air; maka mengapa mereka tidak beriman?

Demikian Semoga bermanfaat.
Allahu a'lam

Rekomendasi topik untuk  dibaca :

Masjid Unik Ramah Lingkungan di Dunia Dengan Desain Arsitektur Go Green

Kunjungi toko kami :

Komentar