10 Mukjizat Nabi Muhammad SAW Yang Menakjubkan

Kisah Teladan Nabi Ibrahim Yang Menggugah Hati



✅ Kisah Teladan Nabi Ibrahim Yang Menggugah Hati

Seperti yang kita ketahui bersama, Nabi Ibrahim adalah nabi ke 6 yang diutus kepada umat manusia. Nabi Ibrahim bergelar khalilullah atau artinya kesayangan allah, karena merupakan salah satu nabi yang memiliki keimanan dan ketaqwaan yang luar biasa.

Berikut 8 kisah menarik mengenai Nabi Ibrahim:

1. Nabi Ibrahim dilahirkan di tengah-tengah masyakrakat jahiliyah yang musyrik dan kafir. di tambah lagi, kaum jahiliyah di zaman Nabi Ibrahim tersebut memiliki seorang penguasa bernama raja Namrud yang dengan sombongnya mengaku bahwa dirinya adalah tuhan semesta alam.

2. Semasa kecil, Nabi Ibrahim diasingkan ke hutan, di dalam sebuah goa yang mustahil akan ditemukan orang. Hal ini dilakukan dalam bentuk penyelamatan karena di zaman itu raja Namrud mengeluarkan peraturan untuk membunuh setiap ada bayi laki-laki yang lahir.

3. Nabi Ibrahim pun pernah mengalami proses pencarian tuhan. Nabi Ibrahim selalu bertanya dan menyelimuti isi pemikirannya. ‘siapa sebenarnya Tuhan? apakah benarkah berhala itu adalah Tuhan? atau justru raja Namrud yang berkuasa itu adalah Tuhan?’. kemudian ia melihat bulan, bintang, dan matahari, namun apalah daya ternyata benda tersebut menghilang, bukan Tuhanku dalam pemikirannya. seperti yang tercantum dalam beberapa ayat Al Quran yaitu:

(al-an’am 6:76-78) ketika malam telah gelap, dia melihat sebuah bintang (lalu) dia berkata: “inilah tuhanku”, tetapi tatkala bintang itu tenggelam dia berkata: “saya tidak suka kepada yang tenggelam”.

(al-an’am 6:77) kemudian tatkala dia melihat bulan terbit dia berkata: “inilah tuhanku”. tetapi setelah bulan itu terbenam, dia berkata: “sesungguhnya jika tuhanku tidak memberi petunjuk kepadaku, pastilah aku termasuk orang yang sesat”.

Kisah Teladan Nabi Ibrahim Yang Menggugah Hati
Izuddin Helmi Adnan Unsplash

Kemudian tatkala ia melihat matahari terbit, dia berkata: “inilah tuhanku, ini yang lebih besar”. maka tatkala matahari itu terbenam, dia berkata: “hai kaumku, sesungguhnya aku berlepas diri dari apa yang kamu persekutukan.

4. Nabi Ibrahim as di bakar hidup-hidup karena begitu kesal dan dendamnya raja namrud kepada Nabi Ibrahim as, ia memerintahkan tentaranya untuk menghukum mati Nabi Ibrahim. api berkorbar sangat besar dan panas dengan kayu sebagai bahan bakarnya. Alhamdulillah Allah swt selalu menunjukkan kuasa-nya, ia belum menghendaki Nabi Ibrahim kalah dan mati dari musyriknya raja Namrud. raja Namrud dan para pengikutnya telah tertawa saat melihat aksi pembakaran tersebut dan merasa sangat lega dan puas. namun, begitu terkejutnya mereka, seketika kobaran api yang besar itu padam. seketika Nabi Ibrahim as keluar dari puing-puing pembakaran dan selamat tanpa ada luka sedikit pun. semenjak itu, pengikut raja namrud berbondong-bondong menjadi umat Nabi Ibrahim as untuk mentaati dan semangat berjalan lurus kepada Allah swt.

5. Nabi Ibrahim as yang lama menanti anak Nabi Ibrahim as dan Siti Hajar resmi menjadi orang tua ketika masing-masing disebutkan sudah menginjak usia sekitar 100 dan 99 tahun.

6. Mimpi Nabi Ibrahim untuk menyembelih putranya dan akhirnya menjadi sejarah. pada saat usia Ismail sembilan tahun dan bertepatan dengan tanggal 8 djulhijah, Nabi Ibrahim tidur dan bermimpi. dalam mimpi tersebut beliau diperintahkan oleh Allah untuk menyembelih putranya. setelah mencerikan ke Ismail, ia pun bersedia karena ini perintah dari-Nya. Namun ketika hari di mana Nabi Ibrahim ingin menyembelih putranya, Allah menggantikan posisi Ismail dengan domba. dari sinilah asal mula dan sejarah dari Idul Adha.

7. Nabi Ibrahim termasuk golongan manusia pilihan di sisi Allah, serta termasuk golongan ulul azmi. ulul azmi (bahasa arab: أولوالعزم ulu al-azmi) adalah sebuah gelar khusus bagi golongan Nabi pilihan yang mempunyai ketabahan luar biasa. Terdapat lima Nabi yang mendapatkan gelar ulul azmi, yakni Nuh as, Ibrahim as, Musa as, Isa as dan Muhammad saw.

8. Nama Ibrahim diabadikan sebagai nama sebuah surah, serta disebut sebanyak 69 kali di Al-Qur'an

Demikian  8 kisah menarik mengenai Nabi Ibrahim. Semoga bermanfaat.

Rekomendasi topik untuk  dibaca :

Masjid Unik Ramah Lingkungan di Dunia Dengan Desain Arsitektur Go Green

Kunjungi toko kami :

Komentar