10 Mukjizat Nabi Muhammad SAW Yang Menakjubkan

WAJIB DIKETAHUI! Larangan Bagi Yang Berkurban Di Idul Adha



WAJIB DIKETAHUI! Larangan Bagi Yang Berkurban Di Idul Adha.

Hal Yang Harus Dihindari Sebelum Berkurban Di Idul Adha.

Dalam Alquran surah al-Kautsar [108] ayat 1-2 ditegaskan, setelah disebutkan kenikmatan yang besar, Allah memerintahkan kepada hamba-Nya untuk mendirikan shalat dan berkurban sebagai bukti rasa syukur atas nikmat-nikmat itu. Kurban pada hakikatnya adalah tidak sekadar mengalirkan darah binatang sembelihan, tidak sekadar memotong hewan kurban. Namun, lebih dari itu, berkurban berarti sebuah ketundukan seorang hamba secara total terhadap perintah Allah dan sikap menghindar dari hal yang dilarang- Nya.


WAJIB DIKETAHUI! Larangan Bagi Yang Berkurban Di Idul Adha
Izuddin Helmi Adnan Unsplash

Menempatkan cinta kepada Tuhan sebagai cinta tertinggi/teragung sejak diperintahkan, apa yang diminta dikorbankan adalah barang/sesuatu yang sangat dicintai/disukai, yang menunjukkan bahwa Allah sedang menguji apakah seorang hamba itu benar/sungguh-sungguh mencintai Allah diatas segalanya, mau mengorbankan apa saja untuk yang dicintainya, sekaligus menegaskan bahwa Allah adalah pemilik semuanya termasuk apa-apa yang ada/dititipkan pada manusia. Dengan kata lain Qurban dilaksanakan untuk menghidupkan ajaran Nabi Ibrahim – khalilullah (kekasih Allah) ‘alaihissalam yang ketika itu Allah memerintahkan beliau untuk menyembelih anak tercintanya sebagai tebusan yaitu Ismail ‘alaihissalam.

Agar setiap mukmin mengingat kesabaran Nabi Ibrahim ‘alaihissalam, dimana ini membuahkan ketaatan kepada Allah dan kecintaan kepada-Nya lebih dari diri sendiri dan anak. Pengorbanan seperti inilah yang menyebabkan lepasnya cobaan. Sehingga yang sebelumnya akan disembelih adalah Isma’il, akhirnya seekor dombalah yang disembelih. Jika setiap mukmin mengingat kisah ini, seharusnya mereka mencontoh dalam bersabar ketika melakukan ketaatan kepada Allah dan seharusnya mereka mendahulukan kecintaan kepada Allah dari hawa nafsu dan syahwatnya.


WAJIB DIKETAHUI! Larangan Bagi Yang Berkurban Di Idul Adha
Hasan Almasi Unsplash

Karena perintah berqurban mengingatkan bahwa pada hakikatnya kekayaan itu hanyalah titipan Allah. Dari sini, seharusnya manusia menyadari bahwa pada harta yang dimilikinya ada hak orang lain, yang harus ditunaikan dengan cara mengeluarkan zakat, infaq, shadaqah, wakaf, termasuk qurban.

Tentunya bagi mereka yang mau berkurban, terdapat beberapa hal yang harus dihindari sesuai hadits yang diriwayatkan oleh Muslim no. 1977 yaitu:

Siapa saja yang ingin berqurban dan apabila telah memasuki awal Dzulhijah (1 Dzulhijah), maka janganlah ia memotong rambut dan kukunya sampai ia berqurban.”

Demikian yang harus dihindari sebelum berkurban di Idul Adha semoga bermanfaat.

Rekomendasi topik untuk  dibaca :

Masjid Unik Ramah Lingkungan di Dunia Dengan Desain Arsitektur Go Green

Kunjungi toko kami :

Komentar